Selasa, 14 Juni 2016

Oli Pelumas Kendaraan Terbaru

Sebenarnya semua jenis oli memiliki jenis yang sama namun untuk beberapa keperluan tertentu oli menjadi memiliki fungsi - fungsi tambahan pada setiap jenisnya . Kini saya ambil contoh mesin diesel misalnya, secara normal mesin diesel beroperasi pada kecepatan rendah tetapi memiliki temperatur yang lebih tinggi dibandingkan dengan mesin bensin . Mesin diesel juga memiliki kondisi kondusif yang lebih besar yang dapat menimbulkan oksidasi oli, penumpukan deposit dan perkaratan logam - logam bearing .

Kita harus paham bahwa sebagian besar sepeda motor modern menggunakan oli yang sama untuk melumasi mesin, transmisi, dan kopling. Kebutuhan ini membuat spesifikasi oli untuk sepeda motor perlu dirancang mendalam agar fungsinya berimbang di ketiga kebutuhan tersebut.

Bahkan di tengah perkembangan teknologi sepeda motor yang kian pesat dewasa ini, sebuah oli dituntut bisa berperan lebih besar dari fungsi utamanya tersebut. Dan, jelas untuk bisa memproduksi oli terbaik bagi sepeda motor diperlukan pengalaman panjang.

Sebagai konsumen kita perlu sadar bahwa sebuah oli bisa dikatakan terbaik bila dia telah memenuhi serangkaian pengujian mendalam, baik secara internal ataupun langsung oleh konsumen? Sekali lagi hal ini hanya bisa dilampaui oleh perusahaan spesialis perminyakan yang secara tradisi telah lama bermain dalam riset dan pengembangan pelumas kendaraan.

Setidaknya, kita bisa mengukur reputasi Total dalam pengembangan teknologi oli motor terbaik melalui sederet aktivitas balap yang digelutinya motor-terbaik--total-hi-perf. Formula 1, WRC, Dakar hingga balap ketahanan Le Mans bukanlah ajang balap biasa. Tapi di ajang-ajang itulah, di mana performa dan durabilitas begitu ditantang, Total mampu membuktikan reputasi kemajuan teknologinya. Sederat tropi kemenangan pun sudah diraih.

Bahkan untuk melakukan riset oli bagi keperluan sepeda motor Total menggunakan Elf, merek di bawah naungannya, untuk mendukung tim-tim yang berlaga di MotoGP. Keterlibatan Total di kancah balap sepeda motor internasional sendiri sudah berlangsung lebih dari 30 tahun. Untuk musim MotoGP tahun ini Elf menjadi oli motor balap tim Marc VDS Racing.

Contoh paling mudah yang bisa kita lihat adalah Total. Perusahaan kaliber dunia ini punya segudang pengalaman dalam riset dan pengembangan teknologi pelumasan. Selain pengujian di laboraturium tertutup, Total juga memiliki riset bergerak ekstrim dalam ajang kompetisi balap kelas dunia, seperti Formula 1, WRC, Dakar, hingga balap ketahanan mesin Le Mans.

0 komentar

Posting Komentar